بسم الله الرحمن الرحيم

Selasa, 18 Februari 2014

بسم الله الرحمن الرحيم

SAMBUTAN KOMITE PUBLIKASI KHAZANAH TASAWUF ISLAM

Dengan menyebut Nama-Mu ya Allah,dan segala puji hanya untuk-Mu.Tiada Tuhan selain Engkau,aku benar-benar ta mampu menghitung pujian yang disanjungkan kepada-Mu sebagaimana Engkau memuji Diri-Mu sendiri.

Kepada-Mu _wahai Tuhan yang Mahasuci_ kalimat-kalimat yang baik akan naik, amal saleh akan Engkau angkat dan berkahi.Tak ada kata-kata yang lebih segar dari kata yang memancarkan cinta kepada-Mu.Semerbak keharuman dengan berdzikir kepada-Mu dan berputar di sekeliling ridha dan hidayah-Mu.

Tak ada satu amal yang lebih bersih dan harum daripada sebuah amal yang bertujuan untuk mencari ridha-Mu dan kemuliaan umat yang Engkau ridhai untuk mengemban agama-Mu,Enkau pilih untuk al-Qur'an-Mu,dan yang Engkau berkahi dengan Nabi-Mu.Umat ini tak akan pernah baik tanpa perjuanga yang telah banyak dilakukan oleh para pemeluk periode awal.

Oleh karena kami berusaha membuat program-program ilmiah untuk mempublikasikan khazanah tasawuf yang berupa prinsip-prinsip dasar ajaran tasawuf priode awal (klasik).Dimana prinsip-prinsip dasar ajaran tasawuf ini telah berhasil memberikan sinar terang dalam kehidupan umat Islam di masa keemasannya,sukses dalam membangun suatu akhlak Islami pada saat Islam berada di puncak kejayaannya, dan menciptakan suatu falsafah spiritual, cakrawala pandang yang ideal dan langkah yang gemilang bagi umat kita pada priode awal dalam dunia ilmu pengetahuan dan pendidikan,berbagai metode dalam "merambah Jalan Tuhan" (suluk) dan perjuangan spiritual (mujahadah), "tangga" dalam menapaki cinta dan ber-munajat kepada Tuhan serta berbagai aspek yang menunjak untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.,dan juga sarana untuk mencapai petunjuk dan ridha-Nya.

Dalam program publikasi prinsip-prinsip dasar ajaran tasawuf ini,kami bermaksud agar menjadi bekal baik dan penuh berkah untuk kita semua,yang tercermin dalam era kebangkitan kita suatu keinginan kuat yang memili harga diri tinggi,iman yang kokoh,akhlak yang ideal dan tauhid yang murni.

Tetkala cahaya QUR'ANI,akhlak Nabawi dan tekad Rabbani kembali pada hati yang Islami,maka cahaya kehidupan kembali bersemi untuk bergerak menuju kebahagiaan dan kedamaian bersama Allah.

Sebelum ini kami dari Komite Publikasi Khazanah Tasawuf Islam telah menerbitkan kitab ar-Ri'ayah li Huquqillah yang ditulis oleh al-Imam al-Harist al-Muhasibi dan kitab at-Ta'arruf li Madzhabi Ahlit-Tashawwuf oleh al-'Arif al-Kalabadzi.

Saat ini,dengan segala senang hati kami akan menghadirkan kepada para pembaca tercinta di seluruh dunia satu buku ensiklopedia tasawuf terbesar yang ada dalam sejarah umat Islam,yaitu kitab al-Luma' yang ditulis oleh Abu Nashr as-Sarraj ath-Thusi,seorang sejarawan Sufi terbesar dalam sejarah klasik dan modern.

Buku ini kami hadirkan dalam edisi lengkap,setelah melalui penelitian serius serta editing yang ketat.Kami anggap penting menerbitkan buku ini dalam formatnya yang lengkap,setelah banyaknya melihat kekurangan dalam terbitan edisi Eropa (Inggris) yang dilakukan oleh seorang Orientalis Prof. Reynold A. Nicholson.Dalam buku ini kami juga telah berusaha membenarkan nama-nama orang yang ada di dalamnya,Kami teliti Hadis-hadisnya serta kami ulas hadis-hadis tersebut.

Kami mengucapkan trimakasi yang paling tulus pada teman-teman maha guru atas segala kontri busi ilmunya dalam usaha ikut menghadirkan buku ini kehadapan para pembaca.

Kami ucapkan trimakasi kepada yang terhormat Ustadz al-Muhaddists as-Sayyid Muhammad al-Hafizh at-Tijani atas kontribusi dalam penelitian Hadis-hadis yang ada dalam buku al-Luma'.Sumbangan beliau kami anggap penting,kerena biliau merupakan salah seorang yang sangat terkenal berilmu luas dan penuh amanah.Hingga kontribusinya dalam penelitian Hadis ini akan menambah amal baiknya dan akan memberikan berkah dengan izin ALLAH SWT.

Kami juga ucapkan trimakasi kepada Ustadz as-Sayyid Muhammad 'Id asy-Syafi'i yang dengan susah payah telah mengumpulkan referensi-referensi khusus yang berkenaan dengan sejarah hidup Syekh Abu Nashr as-Sarraj -- rahimahullah -- at-Thusi,penulis buku ini.

Tak lupa kami juga mengucapkan trimakasih sebesar-besarnya kepada para ulama,sastrawan dan pemikir yang telah memberikan bantuan kitab pada kami sehingga kami,terbantu dan terdorong dengan kuat untuk melakukan pekerjaan mulia ini.

Dengan segala kerendahan sikap,kami mengharap pada ALLAH SWT. Yang Mahamulia dan memohon dengan permohonan yang sedalam-dalamnya,semoga amal kami ini bisa ditrima sebagai amal saleh.Semoga Dia mengaruniakan pada kami berkah amal ini dan memberikan taufiq-Nya.Kami juga memohon kepada-Nya semoga kami dikaruniai kemauan yang kuat untuk meneruskan publikasi khazanah prisip-prinsip dasar ajaran tasawuf terbesar dalam sejarah.

Sesungguhnya segala taufiq hanya ada pada ALLAH SWT. Kepada-Nya kami berserah diri (twakal) .Dan hanya kepada-Nya segala goresan tinta ini kami tujukan.Shalawat dan salam kami tujukan kepada Rasulullah.saw.yang diutus sebagai pemberi petunjuk,pemberi kabar gembira dan ancaman,sebagai bulan purnama yang memberikan penerangan dan penyeru pada jalan ALLAH SWT.dengan izin-Nya.

Thaha Abdul Baqir Surur
Dr.Abdul Halim Mahmud


<<< laman sebelum

laman lanjutan >>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

trimakasi atas kunjungan nya
mudah mudahan taufik dan hidayah allah selalu menyertai kita